25 Apr 2024 | 08:31:26

Kemenperin fasilitasi industri alsintan ikut pameran di Maroko

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian memfasilitasi 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri, untuk mengikuti ajang bergengsi Salon International de l'Agriculture au Maroc (SIAM) ke-16 yang digelar di Meknes, Maroko pada 22-28 April.

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Sopar Halomoan Sirait dalam keterangannya di Jakarta, Rabu mengatakan ajang itu berpotensi meningkatkan akses pasar produk alsintan domestik. Hal ini karena Maroko merupakan negara penghubung perekonomian di Afrika, serta menjadi salah satu gerbang perdagangan di Eropa.

"Kehadiran kami pada SIAM Meknes ke-16 ini juga bertujuan memperkenalkan kemampuan industri alat mesin pertanian di Indonesia sekaligus mendorong penetrasi pasar nontradisional agar meningkatnya akses pasar dan jejaring bisnis industri dalam negeri dengan pihak industri global, khususnya alat dan mesin pertanian di wilayah Afrika dan Eropa,” ujar dia.

Ia menyampaikan keikutsertaan Indonesia pada pameran di Maroko ini merupakan wujud kerja sama Kemenperin dengan KBRI Rabat, dalam rangka menghadirkan Paviliun Indonesia guna memperlihatkan keunggulan produk alsintan tanah air yang sudah mampu berdaya saing global.

Adapun 12 perusahaan yang telah lolos proses kurasi sehingga bisa mengikuti pameran ini, yakni PT. Golden Agin Nusa, PT CBA, PT. Indobaja Prima Murni, PT. D-Prix, PT. Berkat Iman Mesin, PT. Star Metal, PT. Liga Landak Makmur, GENPRO, PT. Cipta Agri Nusantara, PT. Phonna Raya, PT. Bahagia Jaya Sejahtera, dan CV. Mandiri Garlica Pratama.

Selain itu ia menilai, dengan memfasilitasi industri alsintan domestik di perhelatan tersebut, turut mendorong kontribusi ekspor produk industri berteknologi tinggi Indonesia yang ditargetkan mencapai 13 persen di tahun 2024.

"Partisipasi Indonesia dalam ajang ini sangat penting dalam membentuk ekosistem industri. Dengan keikutsertaan Indonesia, diharapkan kita dapat menyambut potensi kolaborasi dengan berbagai mitra internasional, baik dalam bentuk peningkatan akses pasar, investasi, pengembangan sumber daya manusia, R and D, serta bidang kerja sama lainnya di Kawasan Afrika dan Eropa," ujarnya.


Rabu, 24 April 2024 10:34 WIB
Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Faisal Yunianto

Related News

No Available Data
No Available Data